Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

SOAL PREDIKSI UN 2017/2018

SOAL PREDIKSI UN 2010/2011

 Pilihlah satu jawaban yang paling tepat.

  1. Bacalah kutipan tajuk berikut ini.

            Demokrasi kita masih transisi sehingga banyak sekali menimbulkan persoalan. Bermacam persoalan merugikan warga. Namun, semua itu masih bisa dianggap wajar asal jangan kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di kota P.

            Unjuk rasa dapat dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarut-larut, seperti penggusuran, konflik kekuasaan kelompok, gaji, penghasilan, dll. Kenaikan harga atau kelangkaan kebutuhan pokok juga memicu terjadinya unjuk rasa. Di sisi lain, unjuk rasa dapat mendorong mempercepat penyelesaian berbagai masalah. Namun, perlu juga dipertanyakan, seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak terhadap penyelesaian dan pemecahan persoalan.

Gagasan utama tajuk tersebut adalah . . .

  1. Unjuk rasa terjadi karena dipicu oleh berbagai persoalan
  2. Pada saat ini, unjuk rasa disertai kekerasan
  3. Demokrasi menimbulkan persoalan yang merugikan warga
  4. Unjuk rasa dapat meningkatkan dan mempercepat penyelesaian masalah
  5. Bacalah kutipan teks berikut ini.

            Budaya Antre, Mengapa Tidak?

On line, please! On line, please!” Demikian berkali-kali terdengar suara petugas di loket pengurusan visa. Entah sampai kapan kita bisa menanamkan etos disiplin. Jalanan macet, birokrasi semrawut, loket-loket pembayaran berjubel berdesak-desakan, semua semakin parah hanya karena kita tidak mempunyai etos disiplin. Padahal kita telah mengimpor prasarana baru untuk menumbuhkan disiplin. Sering kita lihat dibangunnya jalan tol, dibukanya restoran-restoran Amerika, bank-bank asing, dan supermarket yang diharapkan di tempat-tempat itu kita dilatih antre, dilatih sabar, dan dilatih menghormati hak azasi orang lain.

Ironisnya, kalangan elit yang notabene terpelajar dan tahu aturan malah menyumbangkan perannya sebagai agen ketidaktertiban antre, meskipun yang dominan tetap masyarakat bawah. Untuk kelompok papan atas, uang tidak menjadi masalah, di kalangan akar rumput justru uang paslah persoalan urgen yang menyebabkan mereka tidak tertib. Pemandangan bergerombol, berdesak-desakan, dan sikut-sikutan masih sering kita lihat di tempat-tempat umum. Coba kita tengok bus kota kita. Sampai saat ini, kita belum bisa menemukan pemandangan tertib antre penumpang bus.

Yang tidak bisa diabaikan berkaitan dengan budaya antre ini adalah petugas pelaksana pelayanan publik, baik itu petugas jaga loket penjualan karcis, atau yang sejenisnya, termasuk petugas security. Terkadang banyak orang tidak mau antre karena sikap dan ulah mereka yang berat sebelah hanya karena umur, status sosial, kemampuan ekonomi, dan tinggi rendahnya pendidikan. Tentu kebiasaan seperti itu akan mendorong masyarakat untuk tidak mematuhi budaya antre. Dan bisa jadi keadaan inilah mungkin yang menjadi pangkal tidak dimilikinya etos disiplin dalam masyarakat kita.

…………………………………………….

Berikut ini merupakan simpulan isi bacaan yang paling tepat adalah ….

  1. Di mana-mana terdapat kenyataan banyak orang tidak dapat antre dengan tertib. Kalangan bawah malah sedikit yang tidak tertib. Sikap petugas pelayanan publik memperburuk kondisi tersebut.
  2. Di mana-mana terdapat kenyataan sedikit orang tidak dapat antre dengan tertib. Kalangan bawah mendominasi yang tidak tertib. Sikap petugas pelayanan publik memperburuk kondisi tersebut.
  3. Di mana-mana terdapat kenyataan banyak orang tidak dapat antre dengan tertib. Kalangan bawah malah sedikit yang tidak tertib. Sikap petugas pelayanan publik mengurangi kondisi tersebut.
  4. Di mana-mana terdapat kenyataan banyak orang tidak dapat antre dengan tertib. Kalangan bawah mendominasi yang tidak tertib. Sikap petugas pelayanan publik memperburuk kondisi tersebut.
Baca Juga  SOAL IPA FISIKA SOAL CERDAS CERMAT PAKET 4

  1. Cermati grafik berikut ini.

                           KOLEKSI BUKU

                           PERPUSTAKAAN MEKAR

 

Jumlah buku

                                                                   2006      2007     2008      2009

                                             Tahun

       Simpulan isi grafik tersebut yang paling tepat adalah ….

  1. Jumlah buku Perpustakaan Mekar mengalami peningkatan sangat drastis.
  2. Jumlah buku Perpustakaan Mekar dari tahun ke tahun selalu menurun.
  3. Peningkatan jumlah buku Perpustakaan Mekar dari tahun ke tahun selalu sama.
  4. Peningkatan jumlah buku Perpustakaan Mekar dari tahun ke tahun tidak sama.
  5. Bacalah kutipan teks berita berikut ini.

Teks 1                              Sinema Remaja Tayangan Televisi Kita

Bagaimana pendapat remaja tentang sinema remaja dalam tayangan televisi? “Sinema-sinema remaja yang ada sekarang aku rasa cukup bagus. Aku memang sering ngikutin. Produk impor yang paling aku suka ya, Meteor Garden,” ujar Ferry, salah seorang siswa SMU. Berbeda dengan Ferry, Hasan berujar, “Saya tidak suka dengan sinetron remaja sekarang, karena isinya bertentangan dengan moral agama, serta menggiring remaja untuk menjadi orang yang bebas ,” ujar Ahmad Hasan salah seorang remaja. Aku melihat memang ceritanya nggak realistis sih, dan terasa diada-adakan saja. Jauh sih dari kehidupan yang sebenarnya,” lanjut Hasan.

Bagaimanapun, ini adalah sebuah fenomena. Ini masalah yang kompleks. Di satu sisi, bagi sebagian remaja, sinema remaja  di televisi hanya dipandang sebagai alternatif hiburan, tapi sebagian yang lain dianggap sebagai ancaman. Meskipun demikian, tentunya kita bisa berpikir lebih jernih, bahwa yang terpenting dari persoalan ini adalah soal isi, alias muatan budaya yang diemban dalam sinemasinema tersebut.

Sebenarnya, bukan karena  sineas kita nggak bisa bikin sinetron yang bagus. Menurut mereka  bikin sinetron yang realistis cenderung tidak laku. Sinetron yang disukai remaja adalah sinetron yang mengumbar kemewahan  atau menebar horor. Dengan demikian sineas kita cenderung mengutamakan keuntungannya daripada mendidik remaja kita melalui layar kaca.

Teks 2                         Usia Remaja Paling Rawan

Usia remaja merupakan usia yang paling rawan terkena pengaruh. Pada usia antara 13—18 tahun atau setingkat SMP-SMA itu anak-anak sangat rentan untuk terpengaruh perilaku  yang ditontonnya. Remaja juga rentan terlibat NAZA, pergaulan bebas, dan sebagainya. Ada perubahan sistem hormonal yang memengaruhi alam pikir, rasa, dan perilakunya. Maka kita harus lebih perhatian dalam menjaga mereka.

Lebih jauh Dadang mengingatkan, pengaruh televisi yang sifatnya audio visual memang lebih besar ketimbang audio pendengaran atau bacaan. Jadi, remaja kita yang gemar nonton  film yang serba memperbolehkan  semua perilaku bebas, akan beranggapan bahwa perilaku itu diperbolehkan. Remaja kita akan beranggapan bahwa  berpacaran heboh dan gonta-ganti pacar adalah sesuatu yang biasa. “Pendek kata, mereka akan terimitasi, itulah way of life  yang dianggap layak diikuti,” cetus psikiater yang banyak berhubungan dengan masalah remaja ini.

Menurutnya, jika sesuatu disampaikan berulang-ulang secara konsisten dengan pesan yang kurang lebih sama, bisa diprediksi akan terjadi perubahan budaya sesuai dengan yang disampaikan. Dia  juga menekankan bahwa perilaku yang ditiru remaja dan anak-anak tidak sekadar bersifat fisik dan verbal. Tapi lebih dari itu, mereka memang sudah dimasuki nilai-nilai yang dianut atau diperankan oleh tokoh- tokoh dalam film/sinetron yang ditontonnya itu.

Setelah membaca kedua teks berita tersebut, jelaskan perbedaan unsur-unsurnya.

Kesamaan informasi dalam kedua teks berita di atas adalah . . . .

  1. Pengaruh tayangan televisi terhadap perilaku remaja
  2. Remaja tidak terpengaruh oleh tayangan televisi
  3. Remaja dan permasalahan yang dihadapinya.
  4. Pertentangan antara remaja dan orang tua.
  5. Bacalah kutipan novel berikut ini.
Kutipan Novel 1 Kutipan Novel 2
       Aku meninggalkannya dan bertanya, apakah yang telah kulakukan itu benar atau salah. Membikinnya marah atau jengkel, benar atau salah? Dan apa sebenarnya yang kuingini ketika dulu ia kuhadirkan ke rumah?        Ya, ya … aku ingin menaklukkannya. Aku ingin menaklukkan lelaki yang kaya, bandel. Dan terkenal suka merendahkan orang lain itu. Entah demi sahabatku Tining, entah untuk kepuasanku sendiri.        Tiba-tiba seperti halilintar menggores langit, mengkilatkan suatu pikiran yang terang dan tegas dalam hati Hasan, seakan-akan sinar ilham yang terang benderang nenyibakkan tabir gelap dalam jiwa yang bimbang. Terang, terang sekali seakan-akan pikirannya.

Berpikirlah ia, “Ayah sudah tidak ada lagi. Tapi aku, ibu, Fatimah masih ada, masih hidup. Kalau Tuhan betul bikinan khayal manusia seperti kata Rusli dan Anwar …..

Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel di atas adalah ….

Kutipan Novel 1 Kutipan Novel 2
a. Pengarang sebagai orang pertama pelaku utama Pengarang sebagai orang pertama pelaku sampingan
b. Pengarang sebagai orang pertama pelaku utama Pengarang sebagai orang ketiga
c. Pengarang sebagai orang pertama pelaku sampingan Pengarang sebagai orang ketiga
d. Pengarang sebagai orang pertama pelaku sampingan Pengarang sebagai orang pertama pelaku sampingan
  1. ….

Tubuh biru

tatapan mata biru

lelaki terguling di jalan.

Dengan tujuh lubang pelor

diketok gerbang langit

dan menyala mentari muda

melepas hasrat.

Citraan  yang terdapat dalam puisi tersebut adalah…

  1. pendengaran
  2. b. penglihatan
  3. perabaan
  4. perasaan

  1. Pertegas  juga alat perahumu

             Muaranya sempit tempatmu lalu

             Banyaklah di sana ikan dan hiu

             Menanti perahumu lalu dari situ

             Muaranya dalam ikan pun banyak

             Di sanalah perahu karam dan rusak

             Karangnya tajam seperti ombak

             Ke atas pasir kamu tersesak

         Amanat  puisi tersebut  adalah….

  1. Persiapan hidup yang penuh dengan tantangan dan rintangan.
  2. Menyiapkan diri untuk menghadapi ilmu dan iman dalam kehidupan.
  3. Seorang yang harus menyiapkan diri dengan ilmu dan iman dalam menghadapi

                  kehidupan.

  1. Seorang yang tidak berhati-hati dan akhirnya tenggelam di laut.

  1. …..

        “ Harga di pasar mungkin bisa lebih, Di! Tetapi nenek sudah tidak kuat menurunkan buah itu dan membawanya ke pasar. Masih ada orang yang mau datang membeli di sini saja sudah untung!” kata nenek lagi, sambil sesekali matanya sayu memandang kebun belimbingnya. Nadanya pasrah dan menerima apa adanya saja.

         “  Hm…..kalau boleh, kami akan menjualnya di pasar, Nek ! Pokoknya, paling sedikit nenek dapat tiga ribu rupiah. Boleh, Nek?” tanya Adi .

          Nek Haris tampak menimbang-nimbang. “ Boleh saja asal nanti kalian tidak dimarahi orang tua kalian.”

     Bukti latar tempat penggalan cerita pada nomor soal 4 di atas adalah ….

  1. Masih ada orang yang mau datang membeli di sini saja sudah untung
  2. Harga di pasar mungkin bisa lebih, Di
  3. Sesekali matanya sayu memandang kebun belimbingnya
  4. Hm…..kalau boleh, kami akan menjualnya di pasar, Nek

  1. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah…
  2. Kabar tewasnya Panglima Operasi Merdeka (OPM) Kelly Kwalik belum sepenuhnya diterima sebagian warga Timika. Pukul 11.30 WIT kemarin, sekitar 200 orang mendatangi gedung DPRD Timika. Mereka mempertanyakan kebenaran informasi meninggalnya Kelly. Selain itu, korban penembakan kemarin, dini hari (16/12) tersebut diminta dibawa dan ditaruh di gedung DPRD Timika. Dengan demikian, masyarakat setempat bisa memastikan bahwa jenazah itu adalah Kelly Kwalik. (Dikutip dengan perubahan dari Jawa Pos, 17 Desember 2009)
  1. Kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
  2. Kita harus menolong orang yang kesusahan.
  3. Nenek yang lemah harus kita manfaatkan.
  4. Kita harus pasrah menerima nasib.

Kritik yang ditujukan DPRD Timika berdasarkan kutipan berita di atas adalah ….

  1. Kurangnya keterbukaan DPRD Timika memicu gelar demo masyarakat Timika.
  2. Kebenaran tewasnya Kelly Kwalik belum sepenuhnya diterima sebagian warga Timika
  3. Kelly Kwalik tewas, warga Timika menggelar demo karena tidak percaya.
  4. Sebaiknya jika DPRD menunjukkan jenazah Kelly Kwalik kepada masyarakat Timika

Baca Juga  KUMPULAN SOAL UAS UTAMA TIKOM 2015/2016
SOAL PREDIKSI UN 2017/2018. Post by: admin | 4.5
Tags:

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>